Wali Yang Jadi Rujukan Manunggaling Kawulo Gusti

Bantu Orang Terdekat Anda Untuk Mendapatkan Manfaat Artikel Ini

 

سيدي الشخ حسسين بن منصور الحلاج رضي الله عنه

Beliau berasal dari negara paris meninggal tahun 309 H.di bagdad karena di bunuh dengan tanpa perkara yang bisa menentukan di bunuh.Beliau Syaikh al hallaj ini tinggi sekali ma’rifatnya dan ilmu haqikatnya,jadzab dan cintanya dengan Allah seperti Imam Abu yazid Al bastomi pernah terjadi berkata ANAL HAQQU (aku Allah ) dan lainnya.Maka banyak yang ingkar karena tidak faham dengan perkataannya.

جنوني لك تقد س   زظني فيك هويس

وقد حيرني حب    وطرف فيه تقويس

Melihat perkataan ini beliau menamakan dirinya majnun dan mabuk karena saking cintanya dengan Allah ,berarti hilang sifat tklifinya /berarti tidak kenah hukum lagi.Memang begitulah menurut Ulama’ kita menghukumi beliau,ya’ni bukan dalam keadaan ihtiyar lagi beliau pada waktu itu.

Diantara perkataan lagi: Manusia itu kalau sedang di halang halang nama Allah tidak bisa hidup apa bila manusia itu di perlihatkan ‘Ulumul qudroh(faham dengan kekuasaan Allah) maka akan pusing ,dan jika di bukakan sifat hakikatnya Allah  pasti akan mati. Diantara karomah beliau adalah menjamu tamu tamunya di musim hujan dengan buah buahan musim kemarau,dan sebaliknya.

Diantara karomah nya lagi jika beliau menegakkan telapak  tangannya kemudian dibalik sudah penuh dengan uang dirham dengan tulisan ‘’QUL HUWAALLOH HU AHAD’’  beliau  bisa menceritakan orang orang apa yang mereka makan,dan apa yang sedang dikerjakan di rumahnya masing-masin .

Ketika beliau di salib ada orang yang menanyakan tasawuf,beliau menjawab: paling ringannya menjalankan taswuf itu cobaannya begini ini (ya di salib ini). Tatkala pemerintahan di pegang oleh raja ja’far ibnul mubtahid beliau di perdaya oleh mentrinya,beliau berkali kali di sidang tapi ternyata tidak menemukan kesalahan yang menyimpang dari syara’.Kemudian mentrinya bertanya dengan orang banyak : apakah Al hallaj mempunyai karangan-karangan kitab? lalu orang orang menemukan kitab yang isinya ada tulisan yang artinya : kalau tak bisa menjalankan ibadah haji maka bertempat di kamar rumahnya saja dengan bersuci dan memakai wangi wangian lalu bertowaf ,ini sama dengan berhaji di baitullah /baitul haram.(والله اعلم) kalau betul dari perkataan al hallaj yang jelas beliau tidak tahu dengan adanya tipu daya yang di maksud.Maka qodli menuntut bertanya: apakah kitab ini karanganmu? jawab beliau na’am itu ilmu dari mana ? dari syakh Hasan Basri dan Kitabnya hasan basri itu tidak ada !Lalu mentri : Ya itu diantaranya untuk menghukum kufur bagi dia maka tulislah kufur! Maka qodli tidak mau lalu sang mentri di fonis kufur akan tetapi orang umum semua tidak ada yang setuju. Kemudian beliau al hallaj di cambuk sebanyak seribu kali  tidak mengeluh kesakitan.Lalu di potong dua tangannya dan kedua kakinya dan di penggal kepalanya dan di salib dan di bakar,ketika di salib banyak orang ragu ragu apakah yang di salib itu al Hallaj ? apakah di angkat kelangit? bagaikan di angkatnya nabi Isa a.s.

Ketika Wali Al hallaj di salib beliau melihat kayu dan paku yang untuk menyalib,beliau tertawa sehingga kelihatan air matanya mengalir,kemudian beliau memandang pada orang banyak lalu melihat wali syibli juga melihat kejadian itu. Maka beliau bertanya kepadanya : Apakah kamu membawa sajadah? iya aku membawa syaikh! Bentangkanlah lalu wali Al hallaj melakukan shalat dua rakaat,rakaat pertama membaca surat al baqoroh 155,rakaat kedua membaca surat Al imran 185.


Bantu Orang Terdekat Anda Untuk Mendapatkan Manfaat Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *