Biografi Singkat Imam Malik

Bantu Orang Terdekat Anda Untuk Mendapatkan Manfaat Artikel Ini

IMAM MALIK BIN ANAS(94-179)

Nama lengkap Imam Malik adalah Abu ‘Amr bin bin harts bin Gaiman bin Kutail bin ‘Amr bin harst Al Ashabahi terkenal juga dengan sebutan Imam Dar Al Hijrah beliau lahir 94 H/712 M di kota madinah di daerah Hijaz beliau keturunan arab dari dusun dzu ashobah,sebuah dusun di kota Harnyar, beliau sejak kecil terdidik dalam suasana yang kondusif dan mendukung. Beliau sejak kecil terkenal dengan anak yang cerdas cepat menerima pelajaran yang kuat  dalam berpikir dan memiliki daya kritis yang tinggi. Pada saat tumbuh dewasa ia melangkahkan kakinya kekota Madinah,guna menimba ilmu pengetahuan. Tampaknya ia yakin bahwa kota madina sudah cukup baginya kota madinah sebagai pusat menimba ilmu oleh karena itu ajaran islam dan kemudian diikuti oleh para sahabatnya dan tabiin. Banyak juga para pendatang yang menetap di sana dan berbagai kepentingan ,termasuk mendalami ilmu pengetahuan tentang Islam. Kesungguhannya dalam menekuni agama Islam telah menjadikan Imam Malik sebagai seorang panutan di bidang fiqih dan hadist. Bahkan dalam Ilmu fiqih beliau di kenal pendiri salah satu madzhab fiqih yaitu Madzhab Maliki.

Sebagai sosok Ulama’ besar yang memiliki pengaruh yang sangat luas,Imam Malik memiliki budi pekerti yang luhur,sopan ,santun,lemah lembut,dermawan sering mengasihi orang fakir miskin dan gemar memberi bantuan pada orang lain.

Mengenal sikap pribadi dan kepandaian Imam Malik,beberapa tokoh terutama oleh Imam Nas’i beliau mengatakan bahwa pada sisiku tidak ada orang yang lebih pandai dari Imam Malik. Dia orang mulia yang dapat dipercaya serta paling jujur ‘’ Bahkan Imam Syafi’i mengatakan bahwa Imam Malik adalah jutullah atas mahluknya sesudah tabiin. Setelah 60 tahun mencurahkan tenaga ,harta benda dan pikiranya kepada khalayak ramai tetang ilmu Islam ,Pada hari ahad tanggal 10 Rabiul awwal 179/798 M,Imam Malik kembali ke Rahmatullah dengan tenang dalam usia 87 tahun.

Kitab Muwattha’ merupakan karya monumental Imam Malik dalam bidang Hadist. Imam Malik banyak sekali mengumpulkan bahan dan memilih beberapa ribu hadist yang di tuangkan dalam kitabnya tersebut.Beliau selalu merevisi karya ini akibatnya mengurangi jumlah isinya. Karena itu, kitab ini memiliki lebih dari 80 versi . diantaranya lebih terkenal, dan kini hanya tinggal versi yang bisa diperoleh dalam bentuk orisinal, lengkap , dan tercetak. Versi ini berisi hadist nabi, Astar sahabat, dan atsar ulama’ kemudian. Jumlah total hadits yang terdapat dalam kitab Al muwatta adalah 1.726 yang terdiri dari 600 hadist marfu’ 613 Hadits mauquf 285 Hadits maqthu’ dan 28 hadits Mursal. selain Al muatho’ Imam Malik juga banyak menghasilkan karya-karya lainnya diantaranya Risalah ila Ibnu Wahb fi Al Qadar, Kitab An Nujum, Risalah fi aqdhiyah, pasir garib Alquran Risalah Ila Al laits bin sa’ad, Risalah Villa Abu ghassan, kitab al siyar, kitab Al manasik.

nasib kitab ini tidak diketahui namun, Imam Malik termashur karena mazhab pemikirannya, kepribadiannya, keulamaan, dan kitab Al muwattha’


Bantu Orang Terdekat Anda Untuk Mendapatkan Manfaat Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *