wali qutub

Fatwa Yusuf An Nabhani Tentang Pengertian Wali Qutub

Bantu Orang Terdekat Anda Untuk Mendapatkan Manfaat Artikel Ini

Diantara auliya’ itu ada yang disebut dengan istilah Wali Qutub (aqthob) mereka dalah wali-wali yang menguasai segenap maqomat (tahapan tahapan dan pengalaman sepiritual dalam dunia tasawuf).Wali yang mempunyai drajat ini hanya satu pada setiap zamannya.Wali qutub juga disebut Wali ghouts,Wali quthub termasuk golongan Muqorrobin dan sekaligus menjadi pemimpin para Wali. Wali quthub ini juga menguasai pemerintahan dhohir dan juga pemerintahan batin seperti Abu Bakar,umar,utsman,Ali bin abi tholib,Hasan,Muawiyah bin yazid dan Umar bin Abdul Aziz. Kemudian juga ada yang menguasai Khalifah batin saja seperti Ahmad bin harun Ar rasyid As sibti ,Abi yazid Al bastomi. Kebanyaan Wali –Wali Qutub ini tidak menguasai pemerintahan dzohir.

Menurut fatwa Syaikh Ali Alkhawas tentang wali qutuh sebagai poros alam dan segala Ahwalnya.

Keterangan terdahulu telah menjelaskan bahwa Wali Qutub bermukim di Makkah atau Yaman. Kelihatanya keterangan ini memandang sebagian waktu saja atau memandang kebanyakan waktunya (tidak harus berada di makkah atau Yaman ),Hal ini di kuatkan oleh keterangan yang di kutip Al Imam Al Arif Sayyidi Abdul Wahab Asya’Roni gurunya Al Arif dzil Imdad Arrobanni  sayyidi Al khowash, Dimana Asy sya’roni mengatakan dalam kitabnya yang berjudulAl Jawahir wa ad durorAku pernah bertanya pada  guruku  r.a ,apakah wali qutub ,ghouts selalu bermukim di Makkah ? seperti yang di komentarkan para Ulama’.

Guru Ali Al khowash menjawab :’’Bahwa hatinya seorang Wali qutub selalu bertowaf mengelilingi Hadrotillah dan tidak pernah lepas darinya seperti halnya manusia bertowaf mengelilingi Baitul Haram’’. Wali qutub selalu zuhud  pada dzat yang maha Haq dalam segalah arah dan tidak berarti yang maha Haq itu bersemayam pada dirinya (sama sekali tidaklah demikian !!!!). Seperti halnya manusia itu melakukan towaf  mengelilingi “ka’bah” sunggu Allah SWT mempunyai sifat yang maha tinggi !!!. Selain itu seorang wali qutub selalu menghadang apa yang di berikan Allah SWT untuk para mahluknya, baik berupa bencana maupun berbagai pertolongan (menjadi perantara) Wali qutub selalu merasakan “sakit kapala bukan kepalang ,karena beratnya beban yang ia terimah. Sedangkan “Raga”nya tidak harus berada di makkah saja.

WALI KUTUB YANG SELALU DALAM PENYAMARAN/TERSEMBUNYI

Sesungguhnya wali kutub selalu menyembunyikan diri dari kebanyakan manusia,tidak ada yang pernah melihat kecuali orang orang tertentu,karena besarnya bebannya beban yang di tanggung yang datang silih berganti dan juga besarnya’’ muatan musibah’’yang tidak mampu di sandang para mahluk dan juga karena anugerahnya,wibawanya dan ketenangan yang di anugerahkan Allah kepadanya,maka hampir hampir tidak ada mata yang menatapnya. Imam As sya’roni memberikan penjelasan secara gamblang di dalam kitabnya beliau mengatakan ,bahwa gurunya Ali al khowash pernah mengatakan kebanyakan para aulia’ tidak dapat bertemu dengan wali qutub,dan tidak mengenalnya ,apalagi untuk selain mereka sebab keadaan Wali qutub ‘’tersembunyi’’seandainya wali qutub ini menampakkan diri ,niscaya tidak seorangpun mampu mengangkat kepalanya ketika berada di hadapannya,kecuali orang orang yang di beri keistimewaan’’untuk bertemu dengannya.

TENTANG WALI –WALI A’IMMAH

Diantara para aulia’ ada yang disebut dengan istilah wali-wali A’immah setiap zaman tidak lebih dari dua ,yang satu yang berjuluk abdurrabbi yang lain berjuluk abdul Malik,sedangkan wali qutub berjuluk Abdullah. Dua wali a’immah ini akan menggantikan wali qutuh yang meninggal. Salah satu diantara mata hatinya tertambat dialam malakut sedangkan yang lain menyaksikan alam dunia.

(فمنهم وضي الله عنهم الائمة لا يزدون في كل زمان علي اثنين لا ثالث لهما الوا عبد الرب والاخر عبد الملك والقطب اذا مات وهما مقصور علي مشاهدة عالم الملكوت والاخر عالم الملك )

Wali Autad

Diantara para aulia’ itu ada yang di sebut wali autad. Pada setiap zaman hanya ada empat ,tidak lebih dan tidak kurang Mereka berjuluk Abdul Hayyi.Abdul Alim,Abdul Qodir,Abdul Murid.

Artikel Rujukan : Tanda-tanda seorang wali allah / Ma’rifatullah


Bantu Orang Terdekat Anda Untuk Mendapatkan Manfaat Artikel Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *